Mengenal Acrylic (Polymethyl Methacrylate)

No RumahAcrylic atau Akrilik adalah sebuah bahan material yang bening menyerupai kaca namun seperti plastik.  Akrilik merupakan polimer sintetis dari metil metakrilat yang akan mencair bila dipanasi, permukaan akrilik bening menyerupai kaca tembus pandang, sifat ini lah yang membuat akrilik lebih sering digunakan sebagai pengganti kaca untuk hiasan. Akrilik bersifat lentur tidak seperti kaca yang kaku, sehingga secara teknis lebih tahan terhadap hentakan.

Akrilik mulai dikembangkan pada tahun 1928, Kemudian pada tahun 1933 Rohm and Haas Company mulai menjual akrilik kepasaran. Akrilik Semakin berkembang bukan hanya pada hal dekoratif dan kerajinan tangan, namun juga digunakan untuk akuarium berukuran besar. Pemilihan akrilik pada akuarium untuk menghindari kekurangan kaca yang akan terlihat berwarna kehijauan jika semakin tebal kacanya.

Pemilihan menggunakan akrilik sebagai bahan dekorasi atau kerajinan tangan dikarena aklirik lebih mudah dibentuk, lebh aman terhadap makanan, harganya lebih murah dibandingkan dengan kaca. Sekarang sudah banyak dijumpai produk-produk yang menggunakan akrilik sebagai bahan dasar, seperti akuarium, bunga hias, bingkai foto, gantungan kunci, tempat tisu, box kartu nama dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *