Perbedaan Cetak Offset dan Cetak digital

Digital Printing vs OffsetIndustry percetakan memang tengah berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi mesin cetak. Di dunia percetakan terdapat dua jenis teknologi mesin cetak yang digunakan, yaitu mesin cetak offset dan digital printing. Mesin cetak offset adalah teknologi cetak yang telah digunakan sejak seabad yang lalu, namun karena kehandalanya teknologi ini masih digunakan. Berbeda dengan mesin cetak offset, mesin cetak digital merupakan teknologi baru yang digunakan oleh industry percetakan.

Lantas yang menjadi pertanyaan banyak konsumen adalah “apa perbedaan antara mesin cetak offset dan mesin cetak digital?” Untuk menjawab hal itu kita perlu mengetahui cara kerja dari kedua teknologi tersebut.

Mesin Cetak Offset masih menggunakan plat atau film yang dimanfaatkan sebagai media transfer yang hendak dicetak ke kertas, plastic ataupun lainya. Karena masih menggunakan plat atau film percetakan offset cendurung lebih mahal untuk quantity sedikit, karena harus membayar harga plat + harga kertas + biaya produksi, Berbeda dengan mesin cetak digital, mesin cetak digital tidak lagi memerlukan plat sebagai media transfer file bisa langsung dicetak melalui flashdisk ataupun computer, layaknya seperti menggunakan printer, sehingga biaya yang dikenakan pada mesin cetak digital akan lebih murah jika walaupun quantitynya sedikit.

Wahh kalau begitu lebih baik menggunakan mesin cetak digital aja kalau begitu.

Nah pernyataan ini tidak sepenuhnya benar dan tidak sepernuhnya salah juga, semua kembali pada kebutuhan masing-masing konsumen. Namun perlu diingat, diantara kedua teknologi tersebut tentu ada perbedaan dan keistimewaannya masing-masing yang harus anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan cetak offset atau cetak digital.

Keistimewaan mesin cetak offset :

  • Di mesin cetak offset mencetak dalam jumlah banyak diatas ribuan lembar, perlembarnya jadi lebih murah.
  • Semakin tebal kertas yang digunakan mungkin akan semakin terasa kasar seperti kertas tekxture.
  • Ukuran kertas yang digunakan bisa lebih besar hingga A1 atau A0
  • Anda dapat mencetak dengan warna khusus seperti emas dan silver.
  • Untuk mencetak dengan tinta full block mesin cetak offset hasilnya lebih tajam dan warna lebih merata.
  • Namun anda harus memiliki waktu luang 1-3 hari kerja untuk menikmati hasil cetak di mesin cetak offset, karena waktu yang diperlukan untuk pembuatan film pada plat dan penyetelan memerlukan waktu yang sedikit lama.

Keistimewaan mesin cetak Digital :

  • Jika anda mencetak dalam jumlah sedikit ratusan lembar ataupun hanya 1 lembar, mesin digital print bisa mencetaknya.
  • Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk dapat menikmati hasil cetak dari mesin cetak digital. Bahkan terkadang bisa di tunggu.
  • Untuk cetak satuan atau banyak perbedaan harga tidak terlalu mencolok, tergantung dari kondisi dan perhitungan masing-masing  perusahan percetakan.
  • Dimesin cetak digital, desain menentukan hasil output dari mesin.
  • Mesin cetak digital adalah teknologi yang ramah lingkungan.

Namun perlu dingat

  • Mesin cetak digital area cetaknya maksimal ukuran A3+ (32x48cm)
  • Desain grafik yang anda buat sebaiknya menggunakan format warna CMYK

 

Bagaimana masih bingung memilih menggunakan mesin cetak digital atau offset? Di Sampurna Foto kami melayani untuk cetak dengan mesin cetak digital, masin yang Sampurna Foto gunakan adalah Hp Indigo 5600 dan Develope.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *